Kamis, 07 Mei 2015

One Week One Book!


Itu adalah salah satu program unggulan dari sekolah anak saya, Al. Al bulan Maret 2015 lalu tepat berusia 2 tahun. Berawal dari sana, rutinlah meminjam buku dan membacakannya untuk Al.

Buku pertama yang kami pinjam waktu itu berjudul  “Allah SWT Maha Penolong”. Buku dengan sampul tebal, gambarnya besar-besar dengan tulisan yang minim. Bercerita tentang seekor Ibu kelinci yang mempunyai beberapa ekor anak kelinci. Satu anak kelinci sangat lincah dan memiliki rasa ingin tahu yang besar untuk mengekploitasi lingkungan sekitarnya. Anak kelinci ini tak mengindahkan nasehat sang Ibu untuk tidak bermain terlalu jauh dari sarang.
Singkat cerita, anak kelinci ini tersesat dan menemui banyak marabahaya ketika berusaha mencari jalan pulang. Bertemu dengan Elang sang pemangsa. Masuk ke dalam lubang tikus dll. 
Alhamdulillah, Allah Maha Penyanyang dan Maha Penolong. Akhirnya kelinci kecil ini bisa kembali ke sarangnya dengan selamat. Dan berkumpul berbahagia bersama Ibu dan saudara-saudaranya.

Awalnya 1 buku itu baru selesai dibacakan selama 3 minggu.. hiks… bacainnya sedikit-sedikit, maklum Al gampang bosen dan kayaknya belum terlalu tertarik dengan buku. 

Untuk mengatasi kebosanan Al, saya bacain buku lompat-lompat halamannya. Saya coba cari dulu halaman yang di sana ada gambar hewan yang dikenal dan disukainya. Contohnya gambar burung Elang yang hendak memangsa anak kelinci. Dari situ sedikit demi sedikit dibacakan ceritanya. Ketika Al sudah mulai beradapasi dengan buku cerita, barulah diulang dari halaman judul.

Kembali lagi ke tema tulisan ini. One Week One Book! Tentunya bukan tanpa alasan sekolah si kecil menjadikannya salah satu program unggulan. Karena membacakan buku, cerita atau dongeng secara rutin banyak manfaatnya bagi tumbuh kembang balita.

Berikut beberapa manfaat Membacakan buku cerita atau dongeng.

Pertama, dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan
Seperti halnya buku Allah SWT Maha Penolong menanamkan nilai keyakinan akan Allah yang Maha penolong dan penyayang. Atau pun nilai-nilai kebaikan lainnya yang dicerminkan oleh karakter tokoh utama yang ada di buku cerita

Kedua, meningkatkan kemampuan verbal si kecil
Bercerita atau membacakan buku dapat menambah perbendaharaan kata si kecil. Sekaligus melatih si kecil terbiasa dengan bahasa sehari-hari. Di samping itu, dapat mengasah kemampuan mendengar karena si kecil akan fokus mendengar buku atau dongeng yang dibacakan untuknya

Ketiga, Mempertajam daya ingat
Bagaimana caranya? Terkadang kita mengulang cerita karena diminta oleh si kecil. Atau ketika kita melanjutkan bacaan sebelumnya, biasanya kita akan memancingnya menceritakan kembali apa yang telah dia dengar. Hal itu merupakan cara yang asyik untuk meningkatkan daya ingat si kecil.

Keempat, menambah wawasan
Ini tidak akan terbantahkan lagi, bahwa dengan mambaca dapat menambah wawasan kita. Demikian juga dengan si kecil. Si kecil juga dapat kita ajak berimanjinasi dengan cerita yang kita bacakan

Kelima, meningkatkan kemampuan komunikasi
Ketika membacakan buku atau mendongeng, biasanya kita akan mengajak si kecil untuk berinteraksi, dengan bentuk pertanyaan biasanya. “Adek kalo telinganya kelinci ada berapa?” atau “Ibu kelinci punya anak berapa” sambil kita berhitung bersama si kecil…

Itulah program "One Week One Book" yang mendorong saya menjadi semakin rajin membacakan buku cerita secara rutin untuk anak-anak saya.

Dan ada nilai tambah lainnya, dengan agenda rutin ini, saya juga sering melibatkan anak sulung saya untuk membacakan atau ikut mendengar.  Adek & Kakak bisa semakin akur dan kompak dikemudian hari .. :D

Bunda & Yahnda ada pengalaman lain tentang membacakan buku untuk si kecil? Atau mungkin ada manfaat lain dari membaca buku atau mendongeng untuk balita secara rutin? Boleh dishare lho Bunda, Yahnda ... :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar