Jumat, 12 Juni 2015

Naik kereta api .. tuutt tuuuutt…

#Me time with kiddos


Al, anak bungsu saya, suka banget lihat kereta api. Setiap berangkat dan pulang sekolah selalu minta lewat jalan yang melalui rel kereta api. Kebetulan rumah nenek dekat dengan stasiun Kota Yogyakarta dan stasiun Lempuyangan. Jadi bisa dikata hampir setiap hari dia bisa lihat kereta api. Dan hebatnya ngga ada bosen-bosennya lho lihat kereta. Sembari menirukan suara sirine pada palang pintu kereta api.
Walaupun setiap hari lihat kereta, sampai usia 2 tahun ini Al belum pernah naik kereta api ;P.
Dari situlah ada keinginan untuk ajak Al dan kakaknya naik kereta api. Mulailah cari-cari kereta dengan perjalanan pendek dan suasana yang nyaman. Tujuannya memberikan pengalaman sekaligus mengenalkan moda transportasi darat ini kepada anak-anak.
Pilihan jatuh pada kereta api Jogja – Solo. PP. Waktu tempuh yang pendek, kira-kira 1 jam, cukup untuk memberikan pengalaman naik kereta api. Tanpa menimbulkan rasa lelah yang berarti buat balita.
Ada beberapa pilihan kereta dan jadwal keberangkatannya.Antara lain :
  • Prameks (Prambanan Ekspres)
  • Madiun Jaya
  • Sriwedari
  • Joglo Expres
  • Sidomukti

Kami memilih untuk naik kereta Sriwedari (AC). Dengan pertimbangan kenyamanan untuk anak-anak. Walau pun harga tiketnya lebih mahal dari Prameks. Selisih Rp. 5.000,-. Dengan Sriwedari, masing-masing penumpang akan diberikan tiket dengan tempat duduk. Selain itu kereta ini juga dilengkapi dengan AC. Jadi anak-anak bisa menikmati perjalanan mereka. 
Kalau pas jam sibuk atau akhir pekan, sebaiknya beli tiketnya cepat-cepat. Untuk kereta lokal seperti Sriwedari mau pun Prameks, tiket bisa dibeli 3 jam sebelum jam keberangkatan.
Sedangkan untuk prameks, tempat duduk bebas. Jadi kalau pas rame, siap-siap ngga kebagian tempat duduk, walau pun pegang tiket.



Jadwal keberangkatan Jogja – Solo terbaru, mulai berlaku 1 April 2015

Melihat jadwal tersebut. Pilihan jatuh pada kereta Sriwedari pukul 12.15. Karena  kakak baru pulang sekolah jam 11.00 WIB. Jadi jemput kakak dulu dari sekolah baru deh kita berangkat ke stasiun Kota Yogyakarta (atau orang lebih mengenalnya stasiun Tugu).

Oya, jadwal keberangkatan diambil dari Stasiun Kota Yogyakarta. Kami pilih berangkat dari stasiun ini karena tempatnya lebih luas. Anak-anak bisa puas melihat berbagai macam kereta api yang melintas.

Perjalanan
Kereta berangkat tepat pukul 12.15 WIB. Anak-anak senang dengan suasana di kereta. Kereta bersih, mereka bisa duduk di kursi masing-masing sesuai dengan tiket. Karena bukan jam sibuk, kereta terlihat lengang.


Selama perjalanan dari Jogja menuju Solo. Kereta Sriwedari melewati beberapa stasiun. Tetapi tidak berhenti di semua stasiun yang dilewati.
Kereta Sriwedari berhenti di stasiun – stasiun berikut (berhentinya pun ngga lama, hanya menurunkan & menaikkan penumpang saja :
  • 12.15  WIB Berangkat dari stasiun Kota Yogyakarta
  • Stasiun Lempuyangan 
  • Stasiun Maguwo 
  • Stasiun Klaten  
  • Stasiun Purwosari 
  • 13.20 WIB sampai stasiun terakhir, stasiun Solo Balapan 


Selama perjalanan, anak – anak menikmati bekal yang dibawa dari rumah sambal melihat pemandangan. 

Yang paling heboh adalah saat melalui bandara Adi Sucipto. Mereka juga bisa melihat pesawat yang sedang parkir dan landing/take off dengan jarak yang relatif dekat. Pesawat yang biasanya terlihat kecil saat di udara jadi kelihatan gede banget. Sayang saya ngga sempet mengambil fotonya, karena ikutan asyik lihat pesawat sama anak-anak :D. 
Selain itu yang menarik perhatian mereka adalah saat melewati jalan yang berpalang. Mereka melihat motor dan mobil berhenti. Di situlah edukasi saya lakukan. Bahwa kita wajib mendahulukan kereta api yang lewat. Jadi kalau palang pintu sudah mulai berbunyi & menutup, kendaraan lain wajib segera berhenti.
Pukul 13.20 WIB kami sampai di stasiun Solo Balapan 

Di stasiun ini, kereta Sriwedari akan berangkat lagi dengan rute Solo – Jogja pada pukul 14.00 WIB. Pulangnya anak-anak pada tidur. Kecapekan mungkin. Juga waktunya tidur siang… :D
Menyenangkan. Prinsipnya, buat saya me time itu ngga harus menghabiskan waktu sendirian. Tanpa anak-anak. Selama kita merasa happy itulah me time. Termasuk fun time bersama anak-anak.

Lain waktu kami akan menggunakan alat transport lainnya. Trans Jogja. Tunggu kisah kami, berkeliling kota Jogja dengan cukup Rp. 3.600,- saja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar